top of page
Search

Panas Ekstrim Dan Efek Buruk UV Pada Kulit Kita

Updated: Oct 9, 2023


Efek buruk UV pada kulit manusia

Paparan UV di beberapa wilayah di Indonesia berada pada level yang mengkhawatirkan, menurut BMKG level UV di Jakarta berada pada level ekstrim, dengan suhu berkisar 34 derajat dengan kelembapan yang bisa mencapai 95 persen. Paparan sinar UV bisa berdampak negatif pada diri kita, khususnya terhadap kulit.


Salah satu efek buruk UV yaitu dapat membuat kulit terbakar dan menghitam. Padahal, dampak buruk dari sinar UVA dan UVB tidak sekedar itu saja. Trdapat bahaya yang dapat kita rasakan dalam jangka waktu dekat atau Panjang karena paparan sinar ultraviolet (UV) .


Sinar Ultraviolet A (UVA) memberikan dampak buruk dalam jangka panjang, yang bisa dirasakan di kemudian hari. Di antaranya adalah kulit menjadi kering, kusam, berkurangnya elastisitas kulit, penuaan dini, serta risiko kanker kulit.


Sinar Ultraviolet B (UVB) memberikan dampak buruk jangka pendek, yang bisa langsung dirasakan begitu kulit terpapar oleh sinar matahari dalam waktu lama. Di antaranya adalah kulit menggelap dan terbakar, muncul freckles, terjadi hiperpigmentasi.


Sinar UVB juga dapat merusak skin barrier pada kulit. Menurut penelitian pada tahun 2012, sinar UVB mampu mencapai lapisan bernama Stratum Corneum (SC) yang berada pada lapisan epidermis.


Sinar UVB yang mencapai lapisan SC ini dapat mengganggu penghalang kulit (skin barrier), menurunkan hidrasi kulit. Akibatnya, kemampuan perlindungan alami yang dimiliki kulit dapat menurun, mengakibatkan masalah pada kulit seperti jerawat, bruntusan, kulit kemerahan, alergi dan lainnya, lebih mudah muncul.


Skincare Rutin untuk Menjaga Skin Barrier dari efek negatif Sinar Ultraviolet (UV)


Menjaga kesehatan kulit, termasuk skin barrier sangatlah penting dilakukan untuk memastikan kulit tetap awet muda dan terhindar dari berbagai masalah. Hal ini bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat seperti mencukupi kebutuhan air putih, istirahat yang cukup, serta mengkonsumsi makanan bergizi. Selain itu, kamu juga bisa merawatnya dari luar dengan beberapa tahapan skincare rutin berikut:


1. Memakai Foam Pembersih Wajah


Tahapan pemakaian skincare yang benar adalah mencuci muka menggunakan sabun pembersih khusus, seperti facial wash atau facial foam.

Membersihkan wajah dengan foam bertujuan untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menumpuk pada wajah.


2. Pakai Toner Wajah


Urutan selanjutnya untuk pemakaian skincare adalah pemakaian toner wajah. Toner digunakan sebagai Pondasi dalam penggunaan Skincare, karena toner berfungsi membantu mengembalikan pH kulit yang hilang dan juga menghindrasi kulit.


3. Menggunakan Essence


Essence berfungsi untuk melembapkan dan membantu produk skincare selanjutnya agar dapat meresap lebih baik ke dalam kulit. Essence dapat digunakan sesudah memakai toner atau sebelum menggunakan serum wajah.


4. Menggunakan Serum Wajah


Serum wajah adalah cairan bertekstur ringan yang mengandung konsentrasi zat aktif lebih tinggi dan lebih efektif meresap ke dalam kulit dibandingkan pelembap atau krim wajah.


5. Menggunakan Moisturizer


Mouisturizer atau pelembap adalah step yang tak boleh dilewati bagi kamu yang memiliki tipe kulit kering.


6. Menggunakan Sun Screen


Bagian terakhir dan terpenting dalam tahapan pemakaian skincare adalah pemakaian Sun screen. Penggunaan Sunscreen Solarcare 50 Plus Ultra berguna untuk membantu melindungi wajah dari efek buruk UV seperti kulit menghitam, penuaan dini, dan berbagai masalah kulit lainnya.


Tak Perlu Takut Efek Buruk Sinar Ultraviolet (UV), LINDUNGI KULITMU Dengan tHermoCEUTICAL SOLARCARE 50 Plus Ultra!



Solarcare 50 Ultra plus

Salah satu cara untuk memproteksi skin barrier yaitu dengan menggunakan sunscreen setiap hari. dan, tHermoCEUTICAL SOLARCARE 50 Ultra bisa menjadi andalan untuk melindungi kulitmu dari bahaya sinar ultraviolet (UV), tHermoCEUTICAL SOLARCARE 50 Ultra merupakan sunscreen dari Korea yang akan melindungi kulit kita dari sinar paparan UV secara optimal. Hal ini dikarenakan SPF 50+ serta PA+++ yang terkadung di dalamnya.


Tabir surya organic filter yang diperkaya oleh Multi-Growth Factor dan Anti-oksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan UVA dan UVB serta memperbaiki sel yang rusak karena paparan sinar matahari. Solarcare 50 Ultra juga dilengkapi dengan Brightening Agents dan Moisturizing factors, sehingga kulitmu menjadi lebih cerah dan berkilau.

Suncreen ini sangat aman digunakan untuk semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif dan berjerawat, serta kulit berminyak.


25 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page